Ganti Theme Wordpress, lagi

Diarsipkan dalam kategori: Wordpress Theme tanggal: 27 April 2010 oleh Mbah Dewo

Belum juga posting banyak setelah terakhir kali ganti theme dulu, sekarang saya sudah ganti theme lagi. Hanya bedanya, theme yang sekarang saya pakai ini adalah theme Wordpress buatan saya sendiri.

Dulu waktu pertama kali memutuskan untuk membuat theme sendiri ini karena waktu itu saya pakai sebuah theme yang tidak begitu lengkap kode-kode css maupun file .php-nya. Tidak usah saya sebutkan theme milik siapa (ndak sing nduwe ra trimo mergo theme-e tak unekke ora lengkap, turno yo paling ora mudeng bosoku iki mergane sing nduwe theme wong londo).

Dari theme tersebut saya ubah total baik ukuran, kode-kode di style dan halaman-halaman lain, dan saya tambahi file-file php nya juga. File tersebut saya comotkan dari theme default wordpress. Dari kejadian tersebut akhirnya saya malah jadi agak mudeng struktur theme wordpress itu seperti apa saja.

Dan setelah itu, saya pikir bahwa mending saya coba buat theme sendiri saja. Dan ternyata memang bisa. Walaupun harus googling ke sana sini, cari panduan membuat theme. Sampai boorkmark toolbar saya penuh, tiap ketemu yang panduannya bagus selalu saya boorkmark.

Selama beberapa minggu kemarin, hampir 1 bulan ini, saya ngutek-utek theme terus. Hingga saat ini sudah jadi 4 buah theme wordpress. Yang paling akhir saya buat adalah theme ini. Karena cuma memodifikasi theme wordpress buatan saya sebelumnya, maka theme yang saya pakai di blog Belajar Tutorial Photoshop ini saya buat agak cepat (sekitar 3 hari + tidak tidur 2 malam).

uul-theme-preview.jpg

Tentang pengetahuan CSS ataupun HTML, saya blas nggak mudeng. Apalagi PHP (mbuh bangsane opo meneh kuwi), saya tahunya cuma PMP (itupun waktu sekolah dulu nilainya cuma pas-pasan).
:)

Saya membuat theme ini cuma berdasarkan hapalan saja, karena seringnya ngedit theme Wordpress. Seperti yang pernah saya bahas beberapa malam kemarin sama teman saya si Dodok, bahwa saya membuat theme ini seperti halnya seorang tukang batu (tukang bangunan) yang tidak pernah sekolah arsitektur tapi bisa membangun rumah.

Saya sama sekali dulu nggak ngira kalau bisa membuat theme sendiri. Saya masih ingat dulu waktu awal-awal ngedit theme wordpress, waktu itu sering kali terjadi eror. Sudah mantep-mantep ngedit, setelah dilihat hasilnya ternyata sidebarnya hilang atau pindah kebawah alias mlotrok. Dan solusinya cuma pergi ke ruang sebelah di kantor Smile Group cabang Langensari … untuk mencari Isnaini. Dan biasanya penyebab eror adalah karena div -nya hilang satu.
:D

Theme wordpress ini saya buat karena modal kebiasaan saja, bukan karena pintar desain web. Yang saya gunakan untuk membuat theme cuma dengan instalan Wordpress di localhost dan … notepad++. Tidak pakai Adobe Dreamweaver, karena belum ngistall. Pokoke serba manual dan dan modal hafalan. Kecuali kalau urusan gambar-gambar, jelas pakai Photoshop (karena memang software andalane yo mung kuwi).

Untuk melakukan sebuah perjalanan dengan cepat dan nyaman memang enaknya dengan mengendarai sepeda motor / mobil. Tapi kalau tidak bisa pakai motor / mobil, maka terpaksanya naik sandal jepit juga tetap bisa.
:D

Beberapa theme Wordpress buatan saya akan saya publikasikan di blog ini juga, kalau ada yang senang silahkan di-download dan dipakai. Harap ditunggu dulu, karena saat ini theme-theme Wordpress tersebut masih dalam tahap beta dan masih perlu dites lagi siapa tahu eror. Theme yang saya pakai di MbahDewo ini cuma saya pakai sendiri. Jadi sekalian saya buatkan 1 theme lagi, karena rencana saya akan ada 4 buah theme wordpress yang bisa di-download.

Theme ini belum saya coba di IE (Internet Explorer) versi 6. Biasanya walaupun di browser lain sudah bagus, di IE sering terlihat eror. Tapi biarin ajah, seperti yang pernah saya tulis juga dulu, salahnya sendiri masih pakai IE 6. Browser lain aja ada banyak kok. Cari saja di google dengan kata: free internet browsers, banyak sekali pilihannya, nganti sak harat-harat okehe.


19 Responses to “Ganti Theme Wordpress, lagi”

  1. Jefry says:

    themes wordpressnya bagus, boleh minta link download themesnya tidak ?
    terima kasih..

  2. sayyid says:

    hehehe…
    thanks Theme Wordpress x:D

  3. theme web nya sengaja di buat kayak gini biar seo friendly ya gan? mohon info tentang theme yang friendly seo

  4. akong says:

    bingung ah tolong di bantu ea………………..

  5. hari says:

    Hem…saya akan coba…trim infonya

  6. sipinguin11 says:

    Wah hebat gan, bisa buat sendiri Theme-nya,,

  7. wara wiri says:

    bagus banget masss

  8. bcopiu says:

    gan saya mau tanya, saya dapet theme yg lumayan bagus, tp disitu udah ada adsense nya, nah saat saya coba ngrubah di editor, script2 adsensnya kok ga ada ya? bijimane bisa begono gan…maklum newbie…

  9. sukma wiyan says:

    saya termasuk orang baru untuk urusan pembuatan web. Dan saya belum begitu mengerti kalau harus ngotak atik theme, mohon bantuannya tentang mengedit scrib. .

  10. Rendy says:

    saya mau tanya dmna ada themes simple yg bisa mendongkrak ranking….

  11. kangwarno says:

    Maaf mas, aku sudah download theme-nya. tapi aku tidak bisa menggantinya, sementara ini saya menggunakan theme yang disediakan di wordpress. Mohon penjelasannya. Salam Kang Warno.

  12. ardy says:

    si mas hebat ya….
    saya ingin seperti anda namun,,bener2 buta dengan kode2 yang harus dimasukkan…
    oiya mas,,apakah theme ini bisa untuk semua wordpress?
    terutama untuk wordpress yang gratis?

  13. olengk says:

    maaf mas mw tnya2 mas & mohon pencerahannya….

    saya lagi coba edit 1 tema mas,temanya itu 2 kolom,1 kontent dan 1 sidebar…

    rencana saya itu gini mas di sidebar yang satu itu saya rencana mw bikin 2 tampilan.

    jadi antara home dan single post itu memiliki sidebar berbeda dan tampilan yang berbeda juga mas..

    seumpama di home sidebar yg di pake sidebar.php
    sedangkan di single post pake sidebar2.php

    gt bisa g y mas???

    klu bleh mnta e-mailnya mas biar lbh enak nnya nya…hee..hee.hee..
    thx b4 mas…..!!!!!!!

    • Sadewo says:

      @olengk: bisa saja mas. pakai include nama sidebar. bisa banyak, nggak cuma 2. tapi kayaknya lebih ringan kalau pakai php if saja. coba cari di codex nya wordpress, kalau tidak salah bagian conditional tag

  14. idebagusku says:

    hebat bisa buat theme sendiri, kalau saya hanya bisa sebatas mengedit doang

    • Sadewo says:

      @idebagusku: saya dulu juga cuma bisa ngedit kok mas. buat theme sendiri juga belum lama bisanya.

  15. [...] yang sudah saya posting pada post sebelumnya bahwa saya membuat beberapa Wordpress Theme, theme yang sudah saya buat tersebut bisa dilihat pada [...]

  16. Jaka Zulham says:

    mas, di dasboard saya kok ga bisa ya edit css??
    gimana mas caranya?

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.