Menyimpan foto di internet

Diarsipkan dalam kategori: Tip Lain tanggal: 9 September 2008 oleh Mbah Dewo

Saat kita mempunyai koleksi foto-foto, tentu kita memikirkan paling tidak dua hal. Yaitu cara menyimpannya, dan cara menunjukkannya pada orang lain.

Foto bisa disimpan dalam wujud fisik, dalam arti kita simpan dalam bentuk hasil cetakan, atau kita simpan dalam wujud file aslinya, dalam hal ini adalah file gambar digital. File gambar foto bisa disimpan dalam media hardisk di komputer, CD, DVD, maupun media lain. Selain itu, file gambar bisa disimpan juga di internet. Dalam tulisan kali ini akan saya fokuskan pada menyimpan file di internet.

Internet, selain digunakan untuk media mencari informasi, media mencari penghasilan, bisa juga digunakan untuk menyimpan data-data kita. Termasuk didalamnya adalah untuk menyimpan file-file foto.

Saat ini ada banyak situs-situs yang melayani penyimpanan dan sharing foto. Dari yang benar-benar gratis, ada juga yang harus membayar dulu untuk mendapatkan semua fasilitasnya.

Situs-situs penyimpanan gambar ini, bisa ditemukan disini: free image hosting.

Situs yang sering saya gunakan untuk mengupload / menyimpan gambar pada blog ini adalah:

  1. Picasa
    gambar picasaweb
    Termasuk tempat penyimpanan gambar yang terpercaya, milik Google. Hanya bisa digunakan hingga 1024 MB, jumlah ini sudah cukup banyak, kalau mau menambah kapasitasnya harus membayar. Ada banyak fasilitas, bandwith tidak terbatas.
  2. Flickr
    gambar flickr
    Termasuk tempat penyimpanan gambar yang terpercaya, milik Yahoo!. Ada banyak fasilitas, bandwith tidak terbatas. Hanya bisa digunakan untuk menyimpan 200 gambar saja. Kalau mau lebih harus menjadi anggota Pro, dengan membayar $24.95 pertahun. Saya juga berencana mau membeli ini, kalau yang jualan account Flickr Pro sedang lewat di depan rumah saya.
  3. Photobucket
    gambar photobucket
    Lumayan untuk menyimpan gambar, namun jika terlalu sering dibuka gambarnya dalam 24 jam ada kekhawatiran kehabisan jatah bandwith. Hal seperti itu dulu pernah saya alami saat gambar diload ribuan kali perhari. Untung bahwa sekarang trafic blog ini belum sebanyak itu, atau mungkin sudah ada penambahan jatah bandwith harian di Photobucket.
  4. Imageshare web id
    gambar imageshare web id
    Ini termasuk layanan sharing gambar yang lokal, sehingga jika diakses dari Indonesia akan lebih cepat dibandingkan dengan situs lain.

Saya memang tidak pernah menyimpan gambar pada blog ini langsung. Sebenarnya lebih bagus jika disimpan dalam hostingan blog sendiri, tapi tidak bisa saya lalukan demi mengirit bandwith, mengingat bahwa ada beberapa blog lain yang melakukan hot linking gambar-gambar dari blog ini.

Keuntungan dan Kerugian menyimpan file foto

  • Keuntungan
    Kita tidak membutuhkan banyak tempat untuk menaruh foto-foto kita.
    Foto akan tetap terjaga kualitasnya, selama media penyimpannya tidak rusak.
    Jika disimpan di internet, foto akan tersimpan terus menerus tanpa memerlukan banyak perawatan. Selama account kita masih ada disana.
    File bisa diedit kapan saja. Ini akan sangat membantu, misalnya saat kita ingin berlatih Photoshop.
    File dengan mudah bisa dibagi dengan orang lain, tinggal memberikan alamat url foto tersebut.
  • Kerugian
    Kita akan kesulitan untuk menunjukkan foto-foto tersebut pada orang lain. Karena untuk dapat melihat gambar foto kita memerlukan media pembantu, misalnya komputer, kamera digital, hp, dan sebagainya.
    Jika gambar kita simpan di internet, maka file gambar menjadi tidak bisa terjaga kerahasiaannya. Namun itu bisa diatasi dengan memberi setting privacy pada level tinggi (sehingga hanya pemilik foto yang bisa melihat gambarnya).
    Jika pemilik hosting gambar tidak meneruskan lagi profesinya, atau ada eror, ada kemungkinan data file foto kita hilang.

Dengan mempertimbangkan akan keuntungan dan kerugian menyimpan foto di internet, saya persilahkan para pembaca untuk menimbang sendiri perlunya kita mempunyai tempat penyimpanan foto di internet.

Tulisan ini akan saya beri tambahan update tentang cara menyimpannya, jika ada yang kesulitan cara menyimpannya pada situs-situs yang saya sebutkan tadi. Secara umum pada situs-situs tersebut kita harus melakukan proses sign up dulu untuk mendapatkan account gratis untuk menyimpan gambar, sehingga keseluruhan gambar kita bisa terorganisir dengan baik.

UPDATE (tanggal 11 September 2008)
Update kali ini bukan untuk menambahkan tentang cara menyimpan file gambarnya, namun untuk menambahkan bahwa saya barusan mengalami kehilangan gambar.
:(
Ini dikarenakan salah satu tempat hosting gambar saya ada yang sedang mengalami eror, jadi mohon maaf jika beberapa hari ini ada gambar pada beberapa tutorial yang hilang. Pada beberapa judul tulisan yang baru sudah saya edit ulang gambarnya, jadi sudah muncul. Beberapa tutorial lain akan segera saya update gambarnya.


19 Responses to “Menyimpan foto di internet”

  1. akonvart says:

    mantp bget mbah….thak 4 lot

  2. Dedhy Manado says:

    HHHuuuu Carannya gimana mass aq uda buka Picasa Tpi gimna Cara nge savenya trus kalo Mau di liat Ke google gimana mass

  3. wawan says:

    o c d

  4. oki says:

    boOz aq msi blm mudeng

  5. salva kid says:

    matur nuwunn sing akeh mbah…
    sekarang aku bisa belajar edit foto dgn mudah..
    semangat…!!

  6. ikhwal says:

    Mbah, dah nyoba di shareapic.net belum?? Gratis kok.
    Klo disitu, selain bisa nyimpan foto, setiap ada yg review foto, kita bisa dapat duit. Ntar klo dah lebih dari USD$20, bisa di writedraw ke Paypal.
    Kurang lebihnya seperti itu. Hitung2, sambil ngenet bisa dapat duit, hehehe…

    • Sadewo says:

      belum. memang tujuan saya ngenet untuk mencari uang juga, tapi saya belum berniat menggunakan layanan tersebut.

  7. joko says:

    mas emang kalo kita kirim foto lewat media chat, trus terhapus apa foto nya masih ada backupan di servernya mas sehingga bsa dibuka ma yg megang servernya…..????

    • Sadewo says:

      tidak tahu ya mas, kalau pengalaman saya di ruang TIK walaupun komputer server itu saya pegang2 juga tetap diam saja.
      :)
      file yang terhapus bahkan pada hardisk/usb/memory card yang sudah diformat ulangpun akan tetap ada terus. masih bisa dikembalikan seperti semula. tinggal cari saja software untuk merecovery data.

  8. [...] dulu ke internet, misalnya dengan ke tempat-tempat yang sudah saya sebutkan sebelumnya pada Menyimpan foto di internet. Kemudian setelah diupload, carilah kode yang biasanya ada tulisan: < a href = … atau < img scr = [...]

  9. Sadewo says:

    Buat ya2t_way: Coba baca Animasi Tulisan Bergerak.

  10. ya2t_way says:

    mau nanya doeng gmn caranya bikin animated yg frmatnya gif dari photoshop?

  11. Sadewo says:

    Buat ovan: Terima kasih kembali.
    Buat aisalwa: :)

  12. aisalwa says:

    seeppp Mbah …. btw kapan ya kira2 petugas flickr pro lewat depan rumahnya SiMbah … ?

    :D

  13. ovan says:

    mantab mbah. thNK’s

  14. Sadewo says:

    Buat Ari: Untuk mejaga privasi memang lebih baik disimpan di komputer. Tetapi untuk mempermudah berbagi2 foto degan kerabat / teman yang letaknya jauh akan lebih mudah melalui internet.

  15. Ari says:

    Hmmm kayanya mending ditaro dikomputer dan account hosting sendiri deh. tapi kayanya boleh dicoba…
    thank you buat infonya.

  16. Kay says:

    ok bngt tuh mbah. thnx.. yaw…

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.