Efek Foto dengan Blending

Diarsipkan dalam kategori: Efek Foto tanggal: 5 July 2008 oleh Mbah Dewo

Efek foto yang akan saya bahas pada tutorial Photoshop kali ini adalah efek yang seperti pada artikel sebelum ini. Efek ini saya namai efek foto blending, karena tidak tahu mau diberi judul apa. Inti dari efek ini adalah blending layer yang berbeda-beda. Untuk membuat efek ini, sebenarnya mudah sekali.

Namun ada beberapa hal yang harus dikuasai terlebih dulu, yaitu:

  • Membuat seleksi
    Ini bisa Anda pelajari dari Kategori Seleksi, Anda bisa menggunakan Magic Wand, Magnetic Lasso, Pen tool, Channel, dan sebagainya. Seleksi tidak perlu akurat sekali, dalam arti Anda tidak harus rapi sekali pembuatan seleksinya.
  • Pengetahuan tentang palet layer
    Dalam tutorial Photoshop ini, kita akan beberapa kali menduplikat layer, dan berpindah-pindah layer.

Langkah pembuatan efek foto blending dengan Photoshop

Langkah 1
Buatlah sebuah file baru dengan Photoshop. Caranya ya dengan memilih menu File > New. Saat muncul kotak dialog New, silahkan diisi dengan ukuran yang Anda inginkan. Jika hasil gambar ini hanya akan digunakan sebagai tampilan di layar monitor, isikan saja 72 hingga 96 pixel/inchi. Namun jika akan dicetak maka isikan sekitar 300 pixel/inchi (lebih jelasnya tentang ukuran foto silahkan dibaca di sini). Background content-nya dipilih yang white.

Langkah 2
Bukalah sebuah gambar foto yang akan Anda edit dengan Photoshop. Seperti pada postingan sebelumnya, efek ini akan diterapkan pada foto wajah / raut muka orang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada foto / gambar lain. Sebagai contoh pada tutorial ini, saya menggunakan fotonya mbak Dita.

model tutorial photoshop

Langkah 3
Masukkanlah foto yang akan kita edit ini ke dalam file baru yang background-nya putih tadi. Caranya memasukkan, yaitu dengan menggunakan move tool. Geser gambar foto ke dalam file yang baru.

tutorial photoshop efek blending 1

Langkah 4
Karena kita membutuhkan hanya bentuk wajah dan leher, jadi foto ini harus kita seleksi dulu agar kita bisa memisahkan antara foto model dengan background-nya apalagi karena latar belakang foto ini memang agak memprihatinkan tidak rapinya.

Seleksi bisa digunakan dengan banyak cara, bisa Anda gunakan cara-cara yang mudah saja untuk membuat seleksinya, seperti yang saya tuliskan diatas tadi, seleksi ini tidak perlu rapi sekali. Pada contoh berikut ini seleksi saya buat dengan menggunakan path pada bagian tangan dan sebelah bawah, sedangkan pada rambut saya seleksi dengan channel.

tutorial photoshop efek blending 2

Langkah 5
Setelah seleksinya jadi, kliklah ikon Add layer mask (di sebelah bawah palet layer Photoshop, pada gambar di bawah ini saya tandai dengan lingkaran merah).

tutorial photoshop efek blending 3

Langkah 6
Sekarang kita membutuhkan gambar yang akan digunakan sebagai background. Background / latar belakang gambar akan lebih sesuai jika menggunakan gambar yang sifatnya tile (terdiri dari susunan gambar-gambar kecil). Misalnya seperti gambar dibawah ini.

tutorial photoshop efek blending 4

Namun jika tidak mempunyai gambar lain, silahkan gunakan gambar-gambar berikut ini, sudah saya buatkan ukuran 1024 x 768 pixel; 72 dpi dalam format jpg.

Gambar 1
Gambar 2
Gambar 3
Gambar 4

Setelah Anda mendapatkan gambar yang diinginkan, kemudian masukkan gambar tersebut kedalam fle yang sedang kita edit tadi. Cara memasukkan juga menggunakan move tool, seperti langkah ke-3.

tutorial photoshop efek blending 5

Atur posisi gambar agar sesuai letaknya. Baik letak layer, maupun posisi gambarnya, sesuaikan dengan selera Anda. Urutan layernya, dari yang bawah adalah: Background yang putih, Background yang baru saja dimasukkan, kemudian paling atas adalah layer Foto.

Langkah 7
Pastikan layer yang sedang aktif adalah layer foto. Buatlah agar gambarnya menjadi hitam putih. Caranya yang mudah adalah dengan memilih menu Image > Adjustment > Desaturate.

tutorial photoshop efek blending 6

Langkah 8
Pilih menu Image > Adjustment > Level. Dekatkan kedua titik segitiga (highlight dan shadow). Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar menjadi lebih kontras.

tutorial photoshop efek blending 7

Langkah 9
Pilih menu Image > Adjustment > Posterize. Isikan nilai sedikit saja, sekitar 7 hingga 15. Tujuan langkah ini adalah untuk membuat agar gambar berkurang jumlah warna-warnanya, karena yang akan dibutuhkan nanti hanya beberapa bagian yang terang dan gelap saja.

tutorial photoshop efek blending 8

Langkah 10
Ubahlah blending pada layer ini menjadi soft light. Blending option ini terletak pada palet layer (biasanya tulisannya adalah normal), yang pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah.

tutorial photoshop efek blending 9

Gambarnya sudah jadi, namun jika merasa ingin bereksperimen lagi, Anda bisa membuat duplikat layer foto, kemudian mengulang lagi mulai langkah ke-9 dengan nilai posterize yang berbeda, dan jenis blending yang berbeda pula.

Berikut ini adalah gambar yang sudah jadi.

tutorial photoshop efek blending 10

Selamat mencoba efek foto ini dengan Photoshop.


46 Responses to “Efek Foto dengan Blending”

  1. Alam permana says:

    Mbah langkah nom 6 cukup bikin pusing ya , cara gabungin foto ama background nya gagal mulu , pasti poto muka nya ketiban ama poto background nya mbah ?? Gmna cara nya biar ga ketiban.

  2. Lilik says:

    Trims ya.. Artikelnya sangat bermanfaat

  3. Lilik says:

    Sipp.. trims ya, artikelnya sangat bermanfaat ..

  4. Juli Mojo says:

    wahh… gak sengaja aku menemukan blog ini… btw… itu yang dipake kok foto mbak saya… BOGEL…. hmmm

  5. Radit says:

    tutorial yang menarik mas… :D
    tapi masih bingung nih, cara biar gambar backgoundnya letaknya bisa di belakang foto wajahnya itu gimana ya ? soalnya waktu melakukan langkah 6 , gambar backgroundnya malah menutupi foto wajahnya..
    mohon pencerahan dan terima kasih :)

  6. endry says:

    cara simpan ke album foto gmn? thanks

  7. Deden says:

    Mbah dewo, jadiin aku murid mu toh mbah… hee hee hee..

  8. nanank says:

    Mbah….cara bikin tutor’a…gmna sie…???
    .
    pngn blajar nie…

  9. haria says:

    Mbah, makasih tutorialnya, saya izin copy dan print untuk belajar dirumah. btw modelnya lumayan cantik, cocok buat istrinya mbah dewo.

  10. tompi says:

    yaaa lumayan………………

  11. budi says:

    mas…aku coba bikin poster….tolong saran dan koreksinya dong….(gimana nih upload hasilnya poster coba-2 ku???)

  12. samzuga says:

    Mbah.. matur nuwun ilmunya. Mbah boleh tanya, menawi contoh edit foto2 gelamor ingkang kados wonten gallery studio foto. Ngatur lighting ipun sy msh blm mahir. Nuwun sak dereng ipun.. e-mail Mbah nggihh..

  13. Juragan says:

    Mbah, Tolong kasih tau cara nyimpen photo hasil editan photoshop dong. Saya sudah coba via file, Save/Save As. Tapi gak bisa juga. Saya masih pemula nih. Tolong kirim via email, ya. juragan.susu@yahoo.co.id

  14. Icha says:

    Waduh MaS ThaNK ya… Dah Baik HaTi UntUk Bagi-Ba9i Ilmunya, Sm0ga Allah SWT N9asiH iLmu YaNg Lebih Lagi Ya. Amin

  15. dedek says:

    Ass mbah.., boleh nggak aku minta tlg di jelasin lebh detail ttg penggabungan gambar, kurang ngerti nich, makasi yach….

  16. yoga says:

    sip..sip..

  17. irkham says:

    maaf mas mo nanya niy blending itu apa ya artinya dan fungsinya untuk apa ? saya bingung pas belajar buat desain di http://www.ilmugrafis.con ada petunjuk yang menuliskan kalo tinggal mengatur blending Color,…..:D
    dan saya bingung blanding itu apa dan gimana pakai menunya,… maklum mas pemula,…:D

  18. roeli says:

    Makasiih mbah. Semoga ilmu Mbah tambah banyak en tambah pahalanya …

  19. Sadewo says:

    Buat enotz: Terima kasih atas komentar dan doanya. Terus dipraktekkan ya.

  20. enotz says:

    ekhmmm mbah sumpah ini bermanfaat bgt…..saya baru sekali mempelajari photosop trus langsung di kasih situs ini ma temen, & lihat, praktek dan terus praktek….makasih ya mbah moga sukses selalu.,.,,AMIN ^_*

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.