Cara mencetak foto dengan Photoshop

Diarsipkan dalam kategori: Tutorial Photoshop Dasar tanggal: 11 June 2008 oleh Mbah Dewo

Pada artikel kali ini, akan saya isi dengan tutorial cara mencetak foto dengan program Photoshop. Satu hal yang mungkin muncul dalam benak kita saat mempunyai foto yang ada dalam komputer, adalah bagaimana cara mencetaknya. Suatu yang bukan hal asing lagi, apalagi pada saat ini karena kita dengan mudah bisa memotret dengan kamera digital ataupun telepon genggam dan menyimpan / men-transfer foto tersebut di komputer.

Ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan, jika Anda ingin mencetaknya. Yang pertama adalah dengan membawa file foto tersebut ke studio foto digital yang terdekat dengan tempat tinggal Anda, dan Anda tinggal membayar biaya cetak yang relatif murah.

Pilihan kedua, jika Anda mempunyai printer sendiri (tidak harus punya sendiri, karena pinjam juga bisa) maka tidak ada salahnya mencoba mencetak sendiri foto tersebut. Ada banyak program yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Kadang saat Anda meng-install printer sudah terdapat program sertaan yang bisa digunakan untuk mencetak foto. Misalnya program Easy-Print Tool Box yang saya dapatkan saat meng-install printer Canon PIXMA iP1880.

mencetak dengan photoshop 1

Program ini mudah sekali penggunaannya dan tidak cuma mampu mencetak foto biasa saja, bisa juga digunakan untuk membuat kalender (tapi belum sempat saya coba).

Selain program-program khusus seperti tersebut diatas, kita bisa juga menggunakan Photoshop untuk mencetak foto. Berikut ini sedikit panduan kalau kita ingin mencetak foto dengan Photoshop.

Panduan mencetak foto dengan Photoshop

Bukalah foto atau gambar yang akan Anda cetak dengan Photoshop. Buatlah ukuran gambar tersebut agar sesuai dengan ukuran cetak yang Anda inginkan. Untuk ukuran standar cetak foto, bisa dibaca di artikel ini. Sedangkan cara yang mudah untuk membuat agar ukurannya sesuai dengan ukuran cetak adalah dengan menggunakan Crop tool, tentang cara penggunaan crop tool bisa dibaca di sini.

Setelah ukuran foto sesuai dengan yang Anda inginkan, sekarang tinggal Anda pilih menu File > Print..
Kemudian akan muncul sebuah kotak dialog yang lebar (akan lebih baik jika layar monitor Anda di setting agak tinggi resolusinya agar kotak ini nampak semua, misalnya 1024×768).

mencetak dengan photoshop 2

Ada beberapa pengaturan pada kotak dialog ini yang mungkin ingin Anda atur terlebih dulu, misalnya:
1. Nama printer
Jika printer yang terpasang di komputer Anda lebih dari satu, maka harus dipilih dulu printer yang ingin anda gunakan. Pada bagian Copies, isikan jumlah pencetakan yang ingin Anda lakukan. Klik Page setup, jika Anda ingin mengubah ukuran kertas yang digunakan. Pengaturan pada Page setup akan beragam, sesuai dengan jenis printer berikut driver printer yang Anda gunakan.

2. Position
Anda bisa memilih antara posisi tepat ditengah (dengan cara memberi tanda cek pada pilihan Center Image), atau mengatur sendiri posisi gambar pada kertas. Jika Anda menonaktifkan pilihan Center Image, maka gambar bisa Anda geser-geser sendiri letaknya.

3. Scaled Print Size
Pengaturan ini digunakan untuk mengubah ukuran cetak, Anda bisa mempertahankan ukuran asli foto dengan menonaktifkan pilihan Scale to fit media. Bisa juga Anda buat agar foto bisa sebesar mungkin dan sesuai dengan ukuran kertasnya.

4. Orientation
Ada dua tombol kecil dibawah gambar preview cetakan, tombol ini digunakan untuk memilih hasil cetakan yang mendatar (landscape) atau yang tegak (portrait).

Pengaturan yang lain tidak usah diperhatikan, cuekin aja, sekarang tinggal klik tombol Print di sudut kanan bawah kotak dialog.

Jika muncul kotak dialog lagi seperti dibawah ini, klik tombol Print pada kotak dialog ini.

mencetak dengan photoshop 3

Jika muncul lagi, kotak dialog seperti dibawah ini, klik tombol OK.

mencetak dengan photoshop 4

Foto kemudian akan muncul dari printer, kecuali ada beberapa masalah lain dari printer.

mencetak dengan photoshop 5

Bagaimana jika kita ingin mencetak banyak foto dalam satu lembar kertas? Solusinya adalah dengan membuat sebuat file baru yang ukurannya sesuai dengan kertas yang Anda gunakan, dan memasukkan semua foto yang akan dicetak dalam file tersebut.

Misalnya saya ingin mencetak foto ukuran 4R dalam satu lembar kertas ukuran folio. Maka saya buat dulu file baru yang berukuran kertas folio (F4). Setelah dipilih menu File > New, karena tidak terdapat ukuran folio di program Photoshop yang saya gunakan, maka saya atur sendiri ukurannya dengan mengisikan Width = 21,59 cm; Height = 33,02 cm; Resolution = 300 dpi.

mencetak dengan photoshop 6

Kemudian pada file tersebut saya masukkan foto-foto yang akan akan saya cetak. Cuma muat 3 foto saja. Kemudian file inilah yang akan dicetak.

mencetak dengan photoshop 7

Catatan:
Untuk mendapatkan hasil cetakan yang bagus, usahakan untuk menggunakan kertas yang mampu digunakan untuk mencetak dengan resolusi tinggi. Kertas ini harganya lebih mahal dibanding kertas biasa. Bisa juga dengan membeli kertas yang memang khusus untuk mencetak foto. Kertas-kertas seperti ini banyak tersedia di toko kertas, penjual printer, studio foto digital, ataupun di tempat lain (tapi mungkin tidak tersedia di toko besi atau apotik).

Selamat mencoba mencetak foto sendiri dengan Photoshop.


112 Responses to “Cara mencetak foto dengan Photoshop”

  1. axmal says:

    makisih ya mbh ilmuny berman faat banget, bagi bagi ilmu terus ya mb biar bermaafaat buar or banyak maksih

  2. johan says:

    mbah minta tolong kasih tau teknik print dng posisi mirror atau terbalik utk kertas transjet…trims

  3. karsa says:

    thanks banget banget mbah dewo….semoga ini menjadi ibadah buat embah….

  4. hendri says:

    gimana caranya cetak photo hitam putih biar benar jadi hitam putih mengg printer

  5. iwan says:

    Mbah bantuin dunk, gw mau print amplop nech lewat photoshop dan ukuran amplopnya 23 x 11 cm and gw udah coba2 beberapa kali tapi gak pas sesuai dengan keinginan, padahal ukuran new layar udah gw sesuaiin dengan ukuran amplopnya.
    Please tolong bantuin ya.

    Thanks

  6. lili says:

    Mbah…
    saya sering cetak di studio…
    kenapa untuk ukuran 10R koq hasilnya tidak sesuai dengan ukuran 10R yang sebenarnya…(25.4 x 38.1)

  7. dafaku says:

    mas gmn caranya cetak foto q kurang tau ni mas,, mhn dijelaskan sejelas”nya, makasih ya mas

    • Sadewo says:

      @dafaku: maksudnya cetak foto yang bagaimana? cetak foto dengan printer sendiri, atau cetak di studio foto?

  8. endhil says:

    mau tanya prienter yg bagus tp murah itu merk nya apa dan tipenya berapa?
    bls email saya:
    endhil_ahyahoo.co.id
    makasih

    • Sadewo says:

      @endhil: saya kurang tahu mas. silahkan di sesuaikan dengan kebutuhannya, misalnya kalau mau mencetak hitam putih saja tapi volumenya banyak yang cocok printer laser, atau mungkin ingin mencetak berwarna dengan kualitas tinggi. akan lebih baik dikonsultasikan di toko penjualan komputer agar bisa sekalian tahu harga printernya.

  9. obertz says:

    klo pakai ip1800
    bisa full mbah??

    saya udh atur full 21.5×33cm
    gambarnya..tiap di print te2p ada margin nya..

    • Sadewo says:

      @obertz: saya pakai ip1800 memang bisa mencetak borderless (penuh satu kertas). coba dicetak dengan software bawaan printernya.

  10. obertz says:

    mbah..
    mw tanya..
    cara print pakai photoshop
    biar bisa f4 penuh tanpa margin..
    printer saya ip1980

    udh nyoba di setting full page pas di worksheet
    tp pas di print te2p ada ada marginya
    atas 1 cm
    bawah 0.3 cm
    kanan 0.5 cm
    kiri 0.3 cm

    maturnuwun b4 mbah..

    • Sadewo says:

      @obertz: saya belum pernah pakai printer tersebut. barangkali setting printernya, atau mungkin gambarnya yang tidak penuh pas seukuran f4.

  11. Paijo says:

    bang

  12. Paijo says:

    mbah mau nanya.. gmn biar gambar yg dicetaj di kertas A4 ga ada sisa margin dikanan kiri atas dan bawahnya.. biar gambarnya bisa penuh di kertasnya mbah.. muhun bantuannya..

  13. iman says:

    Mbah dewo mo tanya dong sy punya gambar yang besarnya 4x kertas A4, bagaimana cara printnya mbah supaya gambar itu bisa diprint dalam 4 kertas A4.

    • Sadewo says:

      @iman: Buat fila baru ukuran A4, masukkan gambar kedalam kertas tersebut dalam ukuran sebenarnya, atur posisinya. Atau, gambar asli dibagi 4, kemudian perbagian di crop ukuran A4.

  14. DPR says:

    sekalian mbah…..layout yang kalender 2010 kok g bisa di unduh kenapa????

  15. DPR says:

    mbah saya mau tanya….saya suka dg dunia photografi,saya sering mencetak foto sendiri pakai print sendiri…awalnya setelah dicetak foto terlihat sangat bagus & sesuai softfile-nya….namun beberapa hari kemudian foto2 tersebut warnanya menjadi merah semua,itu mengapa y mbah?????saya sangat penasaran…..tolong bales y mbah…..

  16. eko kurniady says:

    mokasih bang.. infonya.. klo ada yang baru sent ke email ya… he..

  17. eko kurniady says:

    wah.. saya perlu belajar banyak nih sama bapak… mohon bantuannya pak.. k”lo ada postingan photoshop yg bru tlg info ke email aku. makasih byk tips & trick nya…

  18. makasih bos infonya sangat buagus

  19. Rit@ says:

    Salam kenal…
    Kang,gimana cara bwt lay out undangan pernikahan? Misal ukuran kertas atau settingan gambarnya. Trus bwtnya pake corel atau photoshop? Bingung, maklum baru belajar otodidak, pengin tau aja..! Makasih…

    • Sadewo says:

      @Rit@: Salam kenal juga. Kalau contoh bentuk layout-nya, silahkan dicari di arsip blog, dulu pernah saya postingkan. Tentang ukuran kertas tentunya tergantung Rit@ sendiri ingin membuatnya seperti apa. Lebih enak dibuat dengan CorelDraw, kalau ada fotonya mengeditnya lebih enak dengan Photoshop, atau CorelPhotoPaint.
      Kalau memang bingung, coba cari contoh undangan pernikahan, kemudian buat seperti undangan tersebut. Kalau sudah bisa, coba buat lagi dengan kreasi Rit@ sendiri.

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.