Mengubah ukuran gambar

Diarsipkan dalam kategori: Tutorial Photoshop Dasar tanggal: 28 May 2008 oleh Mbah Dewo

Tutorial Photoshop kali ini akan kita gunakan untuk belajar cara mengubah ukuran gambar. Seringkali saat kita akan menggunakan sebuah gambar, kita mendapatkankan ukurannya tidak sesuai dengan keinginan kita. Cara untuk mengubah ukuran gambar dalam Photoshop, selain menggunakan Crop Tool, adalah dengan menggunakan menu Image > Image Size.

Sebagai contohnya, bukalah sebuah gambar dengan Photoshop. Kemudian pilihlah menu Image > Image Size. Akan nampak kotak dialog seperti berikut ini:

ukuran gambar pada photoshop 1

Untuk mengubah ukuran gambar, Anda tinggal mengganti saja satuan ukur pada kotak dialog tersebut, misalnya diganti dengan pixels atau dengan percent. Kemudian ubah nilai angka pada Width ataupun Height.

Jika yang ingin dilakukan hanyalah mengubah ukuran resolusi gambarnya saja, maka hilangkan dulu tanda cek pada Resample Image, kemudian ubah ukuran resolusinya. Dengan cara ini maka resolusi dapat diubah namun ukuran panjang dan lebar foto akan tetap.

ukuran gambar pada photoshop 2

Beberapa pilihan Resample Image

Ada beberapa mode pilihan resample image, pilihan ini sudah ada pada Phtoshop versi CS maupun sebelumnya, namun dulu saya tidak begitu memperhatikan beberapa pilihan ini. Baru setelah saya mengggunakan Photoshop yang versi CS3, saya perhatikan adanya beberapa pilihan ini. Karena pada versi CS3, ada keterangan tambahan di belakang nama-nama tiap mode ini.

Nearest Neighbor (preserve hard edges)
Digunakan untuk mengubah ukuran gambar secara cepat, dengan cara membuat duplikat pixel-pixel yang berdekatan letaknya. Mode ini akan efektif digunakan pada gambar-gambar yang pada bagian tepiannya berbentuk lurus.

Bilinear
Digunakan untuk mengubah ukuran gambar / foto dengan cara menambahkan beberapa pixel secara otomatis yang warnanya didapat dari warna rata-rata tiap pixel yang berdekatan.

Bicubic (best for smooth gradients)
Digunakan untuk mengubah ukuran foto dengan cara yang lebih halus dari pada dua mode tersebut diatas. Pengubahan pixel yang digunakan lebih rumit dan menggunakan perhitungan nilai-nilai pixel yang berdekatan. Mode ini cocok digunakan untuk mendapatkan hasil gambar yang halus.

Bicubic Smoother (best for enlargement)
Digunakan untuk memperbesar ukuran foto dengan hasil yang lebih akurat. Mode ini menggunakan cara yang mirip dengan Bicubic.

Bicubic Sharper (best for reduction)
Digunakan untuk memperkecil ukuran foto dengan hasil yang lebih akurat. Sama seperti mode sebelumnya, mode ini juga menggunakan perhitungan pixel dalam mode Bicubic.

Catatan
Gambar yang sudah diubah-ubah ukurannya akan selalu mengalami penurunan kualitas, dan hal ini memang tidak bisa diantisipasi. Oleh karena itu, usahakan untuk menggunakan gambar dengan ukuran yang lebih sesuai ukurannya saat kita membuat sebuah desain gambar. Sehingga pengubahan ukuran, jika perlu dilakukan, tidaklah terlalu banyak dilakukan.

Seperti halnya jika kita akan membeli sebuah barang, dengan dua pilihan: barang yang asli dari pabrik, dan barang bekas yang hasil diservis. Tentu secara umum kita akan memilih barang yang cari pabrik. Seperti itu juga gambar / foto yang akan kita edit.

Saat kita mengubah ukuran gambar dengan Photoshop, jika pengubahan tersebut adalah memperkecil uuran gambar / foto maka akan ada beberpa informasi pixel gambar yang dihilangkan. Sedangkan jika pengubahan tersebut adalah memperbesar ukuran gambar, maka akan ada beberpa pixel yang ditambahkan secara otomatis oleh Photoshop.

Akan lebih baik jika gambar yang akan diubah resolusinya tersebut dipindai (scan) ulang saja dengan ukuran resolusi yang lebih sesuai. Namun jika tidak bisa dipindai, ya gunakan saja Photoshop seperti keterangan diatas.


36 Responses to “Mengubah ukuran gambar”

  1. Alifian says:

    assalamaualaikum.

    mau tanya mbah, gmn cara mencari proposional huruf dengan bermodalkan ukuran lebar dinding saja?
    misal saya dapat ukuran lebar 270cm saja, maka bagaimana saya bisa mengetahui ukuran tulisan yg akan saya buat nanti?

    trima kasih,

    balas di e-mail saya ya mbah dewo :D
    alifian_dio@ymail.com

  2. naning mulianik says:

    maaf. .mau tanya gmana cara mengukur gambar secara masal. .( mengukur 1 gambar yg otomatis akan terukur semua gambar yg ada dalam 1 folder ). .mksh

  3. donny says:

    makaasih mbah dewoooo berguna bangeeet!!

  4. terimakasih mbah dewo

  5. makasih mbah dewooooooo

  6. Azry Dalimunthe says:

    mbah dewo tolong saya ……..
    saya ngedit fhoto via Adobe Photoshop Cs5.1
    api keika saya Upload Fhoto nya Untuk Facebook, Fhoto nya gak bisa di lihat/rusak.
    dan ukuran ny sangat lah besar .
    apa yang harus saya lakukan??
    balas ke Email Saya Mbah dewo? ( azrydalimunthe@gmail.com )
    Terimakasih :D

  7. M. Ridwan says:

    terima kasih atas info nya…salam

  8. Kandangtips says:

    saya baru belajar photo nih, so tips ini mat berguna. Thanks

  9. cerita lucu says:

    mau langsung saya praktekin buat ngurangin ukuran template blog.. mangstab infonya hatur nuhun

  10. zerman says:

    thanks boz shearingnya sgt bermanfaat, jgn bosen2 ya ! soalnya kita2 yg msh awam sgt mmerlukan informasi spt ini. skali lg terimakasih. WASSALAM

  11. Hairul says:

    ox buangetss info nya.
    aku mu tanya apakah jika poto yang kita rubah ukurannya menjadi lebih besar dari aslinya akan merubah kualitas gambar???tolong balas ke em-mail ku thanks…..

  12. Hairul says:

    aku mu tanya apakah jika poto yang kita rubah ukurannya menjadi lebih besar dari aslinya akan merubah kualitas gambar???tolong balas ke em-mail ku thanks…..

  13. lodzi says:

    mbak dewo saya punya printer photo tp pas di gunakan untuk mencetak poto hasil nya kurang memuaskan, poto nya itu menjadi tidak jelas apakah ada langkah untuk setting pada addobe poto sof bagaimana cara-caranya tolong ya mbak dewo,atas segala perhatianya saya haturkan terima kasih

  14. [...] Langkah 2 Aturlah ukuran gambar agar sesuai untuk dijadikan pola. Karena saya ingin pola ini banyak dan kecil-kecil, maka ukuran gambar saya perkecil. Untuk mengubah ukuran gambar ini dengan cara memilih menu Image > Image Size. Lebih lanjut tentang pengubahan ukuran gambar bisa dibaca pada tutorial yang ini. [...]

  15. [...] Langkah 2 Aturlah ukuran gambar agar sesuai untuk dijadikan pola. Karena saya ingin pola ini banyak dan kecil-kecil, maka ukuran gambar saya perkecil. Untuk mengubah ukuran gambar ini dengan cara memilih menu Image > Image Size. Lebih lanjut tentang pengubahan ukuran gambar bisa dibaca pada tutorial yang ini. [...]

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.