Membuat brush Photoshop

Diarsipkan dalam kategori: Tutorial Photoshop Dasar tanggal: 1 April 2008 oleh Mbah Dewo

Pada tutorial Photoshop kali ini saya akan menulis tentang cara membuat brush. Brush merupakan sebuah fasilitas pada Photoshop yang bisa digunakan untuk membuat sapuan gambar dengan beraneka ragam bentuk. Selain brush standar yang sudah disediakan oleh Photoshop, kita juga bisa menambah brush sendiri. Brush tambahan ini sudah banyak yang menyediakan dan tinggal pakai saja, saya sendiri juga mulai membuat beberapa brush yang bisa Anda gunakan. Anda juga bisa membuatnya sendiri. Untuk belajar cara membuat brush ini langkahnya mudah sekali.

Tutorial cara membuat brush pada Photoshop

Langkah 1
Bukalah gambar yang akan Anda buat menjadi brush dengan Photoshop. Untuk tutorial kali ini, saya gunakan gambar sample milik Photoshop yang bernama ducky.tiff.

Gambar tutorial membuat brush photoshop 1
Usahakan untuk menggunakan gambar yang mempunyai latar belakang berwarna putih. Jika gambar latar belakangnya ramai dan tidak putih, maka Anda harus membuatnya menjadi putih dulu. Caranya dengan membuat seleksi pada gambar tersebut, kemudian pilih menu Edit > Fill, pilih warna white pada bagian Use, kemudian OK. Keterangan lebih lanjut tentang pembuatan seleksi bisa dibaca pada Kategori Seleksi, misalnya yang ini.

Langkah 2
Gambar yang akan dibuat menjadi brush harus dibuat menjadi berwarna hitam putih. Cara termudah untuk membuatnya menjadi putih adalah dengan memilih menu Image > Adjustment > Desaturate. Kemudian atur ulang warnanya dengan Image > Adjustment > Levels. Buatlah kira-kira seperti gambar ilustrasi tutorial dibawah ini.

Gambar tutorial membuat brush photoshop 2
Kenapa gambar perlu dibuat menjadi hitam putih? Ini karena prinsip penggunaan brush adalah hitam berarti merupakan gambar yang ditampilkan, sedangkan putih akan menjadi bagian yang transparan. Berlawanan dengan prinsip penggunaan layer mask. Semakin kontras gambar kita, maka hasilnya akan membuat brush dengan sapuan yang kuat juga.

Langkah 3
Jika gambar yang Anda gunakan ukurannya besar, maka atur dulu ukurannya. Cara untuk mengatur ukuran gambar adalah dengan memilih menu Image > Image Size. Pada tutorial Photoshop ini, saya buat ukurannya menjadi sekitar 200an pixel.

Gambar tutorial membuat brush photoshop 3
Namun jika dirasa gambar tidak terlalu besar, maka langkah ke-3 ini tidak perlu dilakukan.

Langkah 4
Sekarang pilihlah menu Edit > Define Brush. Setelah muncul kotak dialog Brush Name, jika perlu ubahlah nama brush tersebut,

Gambar tutorial membuat brush photoshop 4
kemudian klik OK.

Langkah 5
Pilih Brush tool pada tool box Photoshop, kemudian pilihlah jenis brushnya di option bar. Brush yang sudah kita buat tadi sudah muncul di sebelah bawah sendiri.

Gambar tutorial membuat brush photoshop 5
Selamat mencoba dan berkreasi dengan Photoshop.

Jangan pernah menyerah dalam belajar, baik itu belajar Photoshop maupun belajar hal-hal lain. Jika kita sekarang belum bisa, pasti suatu ketika akan ada yang mengajari, entah itu datang dari orang lain ataupun keadaan yang memaksa kita menjadi bisa.


62 Responses to “Membuat brush Photoshop”

  1. NOVA says:

    wah..tutorial nya bagus2 mas, makasih yaa..berguna banget buat saya!!

  2. Blog Ijo says:

    cara nge-savenya gimana mbah..?
    maksute biar bisa dipake di komp lain..

  3. syaffa says:

    cihuiiii.. keren mbah… mangke kulo cobi….hehhehee…. matur nuwun……..

  4. [...] membahas tentang cara mengubah bentuk sapuan brush. Saat kita menggunakan sebuah brush, baik itu brush yang kita buat sendiri, dari koleksi default-nya Photoshop ataupun dari men-download di internet, brush tersebut masih [...]

  5. julian says:

    terimaksih atas tips nya….
    langsung ke TKP

  6. fasisal says:

    mbah, gimana cara ngedit foto seperti editan mbah yang gambar mata???
    bikin tutorial pencahayaan pada foto, seperti cover film???

  7. virus285 says:

    mas,,klo org paggil dengn sbutan mbah dewo,,maka saya pribadi manggilnya “mbahnya photoshop”….artikel mbah udah membuat jiwa seniku bangkit….sukses selalu buat mbah photoshop!!!!!!!

  8. thsna says:

    mbah dewo mak nyus

  9. muzen says:

    WMah, aku mau bkin brush, tapi di menu edit ga ada defins brush. gimana ya mbah?

    • Sadewo says:

      Harusnya selalu ada, bahkan saat gambar pertama kali dibuka pun selalu ada. Jika memang file gambar itu tidak bisa digunakan sebagai brush akan tetap ada juga pilihan di menu Edit, hanya kemudian akan muncul kotak peringatan saat dipilih Edit > Define Brush.

  10. muzen says:

    mau bikin brush,tapi tidak ada kalimat define brush dalam menu edit. gimana ya…tolong kasih tau

  11. [...] lebih enak lagi kalau gambar stempel ini dijadikan brush saja agar lebih praktis penggunaannya. Pada postingan selanjutnya saya buatkan brush gambar stempel [...]

  12. [...] lebih enak lagi kalau gambar stempel ini dijadikan brush saja agar lebih praktis penggunaannya. Pada postingan selanjutnya saya buatkan brush gambar stempel [...]

  13. [...] lebih enak lagi kalau gambar stempel ini dijadikan brush saja agar lebih praktis penggunaannya. Pada postingan selanjutnya saya buatkan brush gambar stempel [...]

  14. blue says:

    Ok mbah,dicoba dulu ya…makasih atas follow up nya yg cepat,singkat,padat n jelas…selain tutorial yg bermanfaat,c mbah jg mau bantu2 disini,moga2 kalo udah tambah tenar n sibuk ,c mbah tetep buka konsultasi dsini ya… Wish me luck mbah…

  15. blue says:

    mbah tanya lg .. Di posting “cara memberi watermark pd foto” kan mbah tulis bisa membuat tulisan watermark sbg brush kalo akan sering diterapkan pd gambar… aku mau tambahin watermark nih ke foto aku yg aku edit…soalnya aku punya foto2 pemandangan alam tempat2 yg aku datangi lmyn bnyk,sblm aku upload ke inet mau aku ksh watermark dulu,krn prnh kejadian foto aku diambil org n dipajang diwebnya tnpa ijin aku,gpp c tp kesel jg kok di aku2 dia yg ambil gambar foto di t4 itu..pertanyaan nya: gimana cara buat brush yg bentuknya teks? apa bikin file baru dulu dgn text ya mbah? tutorial mbah dewo disini kan contohna brush dgn gambar…
    thanks 4 the help!

    • Sadewo says:

      Buat saja tulisan dengan latar belakang putih. Tulisannya kalau mau kelihatan jelas, warnanya dibuat hitam pekat. Digabung jadi satu dulu juga boleh (Layer > Flatten Image). Terus langkahnya sama seperti tutorial diatas, cuma kali ini menggunakan gambar yang bentuknya tulisan.

  16. [...] watermark akan sering terapkan pada gambar, bisa juga dengan mencoba membuat tulisan watermark ini sebagai brush. Jadi tidak perlu menuliskan watermark berulang kali. Tentang efek pada layer style, juga bisa Anda [...]

  17. Sadewo says:

    Buat DENI: Bisa dengan Layer > Layer Style > Gradient Overlay. Atau dengan dimasukkan obyek berwarna lain ke dalam tulisan dengan Clipping Mask.

  18. DENI says:

    MBAH BAGAIMANA CARA MEMBUAT TULISAN SETENGAH WARNA-WARNI

  19. Sadewo says:

    Buat tuts: Yang tidak ngEh’ yang bagian mana? Silahkan sambil dicoba. Kalau masih belum bisa, coba saya bantu memperjelas lagi.

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.