Membuat bingkai foto variasi 1

Diarsipkan dalam kategori: Efek Foto tanggal: 2 March 2008 oleh Mbah Dewo

Gambar tutorial bingkai fotoTutorial Photoshop yang ini akan membahas tentang cara membuat bingkai foto. Bingkai foto yang akan dibuat dengan Photoshop ini menggunakan background yang bisa diganti-ganti, dengan bentuk bingkai sebuah kotak yang tidak beraturan. Pada post yang sebelumnya, bingkai foto dibuat dengan menggunakan action. Kali ini kita akan membuatnya manual, walaupun sebenarnya bingkai ini bisa juga kita buat menjadi action.

Langkah pembuatan bingkai foto dengan Photoshop

Langkah 1
Bukalah program Photoshop. Kemudian buatlah sebuah file baru, lakukan ini dengan memilih menu File > New. Tentukan ukuran yang akan digunakan. Pada contoh kali ini, ukuran file kupilih yang 4×6 pada preset size. Ini adalah ukuran cetak foto 4R. Namun pada tutorial ini, ukuran gambar yang saya gunakan bukan ukuran sebenarnya. Gambar diperkecil agar loading tidak terlalu lambat.

Gambar tutorial bingkai foto 5

Langkah 2
Bukalah gambar yang akan digunakan sebagai latar belakang gambar. Carilah gambar yang Anda senangi, yang sekiranya cocok sebagai background. Masukkan kedalam file baru tadi dengan menggunakan Move Tool. Jika tidak mempunyai gambar yang bagus, bisa dipertimbangkan untuk mencari kertas kado atau koran, kemudian discan.

Pada contoh tutorial Photoshop ini, saya tidak menggunakan gambar lain tetapi membuat background sendiri. Background diisi dengan texture fill: Pink Textured (128 by 128 pixels, RGB Mode), kemudian disapu dengan Brush Tool. Brush yang digunakan adalah yang tipe Scaterred Roses, Grass, dan Fuzzball.

Gambar tutorial bingkai foto 4

Langkah 3
Setelah background sudah siap, buatlah sebuah layer baru. Lakukan ini dengan mengeklik icon Create new layer di palet Layer. Atau dengan memilih menu Layer > New > Layer, kemudian klik OK.

Gambar tutorial bingkai foto 3
Langkah 4
Pada layer baru yang masih kosong tadi, buatlah sebuah seleksi kotak yang bentuknya tidak beraturan dengan menggunakan Lasso Tool. Caranya: pilih Lasso tool pada toolbox Photoshop, kemudian buatlah gambar kotak pada bidang gambar. Saat membuat gambar kotak, usahakan agar gerakan pointer agak tergeser-geser hingga bentuknya adalah kotak yang tidak rata pinggirnya. Gampangnya, pura-puralah gemetar saat menggeser pointer mouse (berpura-pura saja, tidak perlu sampai nggak makan dulu biar gemetar, ntar malah sakit).

Gambar tutorial bingkai foto 2
Langkah 5
Jika perlu tepian seleksi yang agak kabur, setelah seleksi kotak tadi jadi, berikan efek Feather. Lakukan ini dengan memilih menu Select > Feather. Isikan nilai 1, kemudian klik OK.

Gambar tutorial bingkai foto 1
Namun jika dirasa tidak diperlukan, maka langkah ke 5 ini bisa dilewati.

Langkah 6
Isikan warna putih pada seleksi kotak. Pada Photoshop, lakukan ini dengan memilih menu Edit > Fill. Pilih warna putih di bagian Use. Kemudian klik OK.

Gambar tutorial bingkai foto 10
Langkah 7
Hilangkan seleksi kotak dengan memilih menu Select > Deselect.

Gambar tutorial bingkai foto 9
Langkah 8
Bukalah foto yang akan diberi bingkai. Masukkan kedalam file yang sedang kita olah tadi menggunakan Move Tool. Pada tutorial Photoshop ini, kugunakan fotonya Mbak Dita. Soalnya tempo hari dikritik Mas Andi Prayitno, katanya di situs tutorial biasanya pakai foto artis cakep, kok disini malah pakai foto Mas Wasidi. :)

Gambar tutorial bingkai foto 8
Langkah 9
Atur ukuran dan posisi foto, usahakan ukurannya bisa menutup seluruh kotak putih yang tidak rata tadi. Perhatikan posisi layernya. Buatlah urutannya mulai dari yang atas adalah layer foto, kotak putih, dan background seperti gambar ilustrasi dibawah.

Gambar tutorial bingkai foto 7
Langkah 10
Aktifkan layer foto, kemudian pilih menu Layer > Create Clipping Mask. Ini akan membuat gambar foto masuk kedalam kotak putih. Perhatikan gambar ilustrasi tutorial dibawah ini,

Gambar tutorial bingkai foto 6
pada layer foto akan muncul tanda yang menunjukkan clipping mask.

Langkah 11
Aktifkan layer kotak putih. Kemudian pilihlah menu Layer > Layer style > Drop Shadow. Setelah muncul kotak dialognya, lakukan pengaturan yang diperlukan, atau bisa juga dengan langsung mengeklik tombol OK-nya saja. Ini untuk memberikan efek bayangan pada kotak putih.

Gambar tutorial bingkai foto 12
Langkah 12
Atur ulang letak layer foto dan/atau layer kotak putih. Akan lebih keren lagi kalau ditambahi tulisan yang sesuai. Misalnya yang berisi moto hidup atau yang bernada romantis.

Hasil dari pembuatan efek bingkai foto variasi ini seperti gambar dibawah ini.

Gambar tutorial bingkai foto 11
Selamat berkreasi dengan Photoshop. Variasi bingkai foto yang lain akan saya buatkan tutorialnya di lain waktu.


56 Responses to “Membuat bingkai foto variasi 1”

  1. Badri says:

    Cra yea gmna bos …….car aku bikin yea

  2. ilham says:

    AKU TIDAK SUKA ORANG YANG SOMBONG

  3. bodo pinter says:

    cara membuat latar foto orang merah,kuning dll gmna crax

  4. husein says:

    mantap, jlas bget tu……….

  5. maf mbah..aku melu njalok postingane,,itung2 bwt teori latihan edit photosop..mugo2 d izinke..maturnuwun.

  6. iril funk says:

    i like it

  7. selvi rizka utami says:

    ku suka dgn binkainya bagus bangettttt

  8. adi says:

    Kok sy cari Layer > Create Clipping Mask. GA ADA tuh .mpe pusing nyarinya (sy pke Ps 7)tlg bantuannya TQ

  9. mey says:

    bguyz………

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.