Membuat seleksi dengan path

Diarsipkan dalam kategori: Petunjuk Photoshop, Seleksi tanggal: 21 January 2007 oleh Mbah Dewo

Sebuah cara yang efektif untuk membuat seleksi pada photoshop adalah dengan menggunakan path. Path yang dimaksudkan disini adalah sebuah garis yang dibentuk dengan pen tool, atau sebenarnya bisa juga dibuat dengan memanfaatkan seleksi yang sudah ada. Kalau mengubah dari seleksi yang sudah ada, relatif lebih sulit, karena pasti ngedit per titiknya akan lebih banyak.

Pada tutorial photoshop berikut ini saya akan membahas tentang cara untuk membuat seleksi dengan path pada Photoshop:

  1. Pilih Pen tool pada toolbox-nya photoshop.
    Pada gambar dibawah ini saya beri tanda lingkaran merah.

    seleksi photoshop pen path 1

  2. Pada option bar, terdapat tiga icon yaitu shape, fill pixel, path. Pilihlah path dari tiga icon tersebut (saya tandai lingkaran merah pada gambar dibawah ini).

    seleksi photoshop pen path 2

    Jika menghendaki munculnya garis pada saat membuat gambar, klik gambar icon segitiga kecil (geometri option) kemudian beri tanda cek pada pilihan Rubber band (pada gambar diatas saya tandai dengan lingkaran warna biru).
    Pada sebelah kanannya lagi, terdapat 4 icon (saya tandai dengan lingkaran hijau). Pada icon tersebut saya sarankan untuk memilih yag paling kiri, yaitu Add to path area. Karena jika menggunakan icon yang lainnya, biasanya hasil seleksi yang terjadi justru terbalik areanya.

Setelah Pen tool sudah kita persiapkan berikut pengaturannya tadi, sekarang buatlah gambar garis path seperti garis seleksi yang akan dibuat. Tiap klik akan membuat sebuah garis bersambung.

seleksi photoshop pen path 3

Jika Anda terus melakukan klik hingga melakukan klik pada titik awal, maka akan terbuat sebuah bangun.

seleksi photoshop pen path 4

Jika ingin membuat garis yang melengkung, maka saat melakukan klik, tombol mouse ditahan sambil digeser.

 seleksi photoshop pen path 5

Garis path yang sudah selesai, bisa diedit lagi dengan Direct Selection Tool. Letak tool di tool box ini berbeda antara di Photoshop 7.0 dengan versi-versi berikutnya.

seleksi photoshop pen path 6

Dengan direct selection tool, kita bisa mengatur letak tiap titik anchor point, demikian juga dengan arah lengkungan tiap garis bantu.

seleksi photoshop pen path 7

Untuk menambah titik, klik kanan pada garis path, pilih Add Anchor Point.

seleksi photoshop pen path 8

Untuk menghapus titik, klik kanan pada titik, pilih Delete Anchor Point.

seleksi photoshop pen path 9

Untuk membuat seleksi, buatlah garis path ini mengikuti bentuk obyek / model foto yang ingin diseleksi. Pastikan garis path tersebut membentuk sebuah bangun.

Jika path sudah jadi, path bisa dijadikan seleksi. Dengan menggunakan pen tool atau direct selection tool, klik kanan pada gambar (tidak harus tepat pada path), pilih Make Selection

seleksi photoshop pen path 10

Kemudian akan muncul kotak dialog, yang bisa Anda gunakan untuk menentukan feather dan mengatur penerapan seleksi tersebut. Penerapan yang saya maksudkan adalah bahwa seleksi bisa merupakan seleksi baru, menambah area seleksi, mengurangi, atau membuat area perpotongan antar seleksi.

seleksi photoshop pen path 11

Harap diingat bahwa untuk membuat path pada photoshop sebagai seleksi, path yang ada hanya ada satu. Karena bila dibuat path yang baru, maka path ini akan menghapus path yang terdahulu. Jika menginginkan ada lebih dari 1 path, maka buat dulu path yang baru dari menu Window > Path untuk menampilkan palet path. Buatlah path yang baru dari palet ini.

Path untuk membuat seleksi ini hanya efektif pada seleksi pada bidang/gambar yang pinggirannya solid, tidak efektif jika tepian seleksi yang akan dibuat berbentuk halus atau abstrak, misalnya menyeleksi rambut, bulu, asap, atau yang lainnya.


65 Responses to “Membuat seleksi dengan path”

  1. terima kasih mbah, tutorial menggunakan pen tool ini sangat mudah dicerna

  2. naughtyric says:

    maksih tutorialnya gan, ane coba duluw.hehe,,,

  3. Chairul says:

    cara ngebuat art vektor gimana mbah ?

  4. Chairul says:

    cara buat vektor art gimana mbah ? thanks :)

  5. kevin says:

    pak guru untuk memindahkan 1 wajah yang sudah yang sudah di path ke foto ke 2 bagaimana pak?

  6. iwi says:

    kalo biar blkngnya dganti jadi hitam putih gt gmna ya ? makasiih :)

  7. [...] seleksi pada bagian bibir. Pada contoh gambar dibawah ini, aku menggunakan path untuk membuat seleksi. Kemudian kuberi feather 1 px (Select > Feather). Gambar seleksi pada [...]

  8. [...] Menerapkan Brush Pada Garis Path December 30, 2009 at 7:11 am | In komputer | Leave a Comment Melanjutkan tutorial Photoshop yang kemarin tentang Brush. Sekarang kita coba untuk menerapkan sapuan brush pada garis path. Garis path bisa dibuat dari berbagai macam cara, bisa dibuat dengan pen tool, dari bentuk shape, ataupun dari tulisan. Tentang pembuatan garis path dari Pen tool, bisa dibaca pada Membuat seleksi dengan path. [...]

  9. [...] Sedangkan tentang penggunaan pen tool bisa dibaca pada Tutorial Photoshop yang judulnya Membuat Seleksi Dengan Path. [...]

  10. fandra... says:

    mbah dewo…
    kLo mau kursus sama mbah dewo Langsung gmna caranya?????
    mbah saya pemain baru…mau beLajar Lebih daLam

    • Sadewo says:

      @fandra…: Di halaman kontak ada alamat saya. Tapi kalau untuk kursus langsung, akan ada biaya kursusnya.

  11. amien says:

    mbah…gimana caranya menyeleksi rambut setiap helai yang halus….
    (matur nuwun)

  12. andri natama says:

    tengkyu mba guru….
    aku dapat ilmu dri mba….
    kyen abiz….

    gru,mua nanya..
    klo ngilangkan bekas editan gimna?

    • Sadewo says:

      @andri natama: Mungkin mas andri natama bisa mendefinisikan lebih lanjut yang dimaksud bekas editan, agar saya tahu maksud pertanyaannya.

  13. [...] Sedangkan tentang penggunaan pen tool bisa dibaca pada Tutorial Photoshop yang judulnya Membuat Seleksi Dengan Path. [...]

  14. Bang Saragih says:

    Mbah Guru, gimana caranya menyeleksi gambar yang ada bolongannya semisal gambar orang yang sedang bertolak pinggang. Apa trixnya ? Thanks Mbah Dewo, aku sekarang banyak tau Photoshop dari tutorial Mbah Dewo. Kapan ya bisa seperti Mbah Dewo?

    • Sadewo says:

      @Bang Saragih: setiap tool seleksi bisa diatur untuk mengurangi area seleksi. coba diperhatikan pada gambar yang terakhir pada tutorial ini.

      • Bang Saragih says:

        Thanks ya mbah, masalah itu sudah bisa terjawab berkat petunjuk mbah Dewo. Aku sekarang mencoba pelajaran-pelajaran yang lain yang tak kalah menarik. Selain photoshop, apa lagi program lain yang harus dikuasai oleh seorang grafis? Kalau ada kesulitan, aku hubungi mbah Dewo lagi ya. Terima kasih banyak

Leave a Reply

Komentar Anda akan dibaca semua orang, gunakanlah tulisan yang jelas dan dengan bahasa yang sopan.